Sunday, December 27, 2020

Alasan Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata

Laskar Pelangi, yang dinaikan dari suatu karya sastra dari penulis Indonesia Andrea Hirata. Suatu film yang mengisahkan ironi tentang sarana pembelajaran di Desa Gantong. Sekolah SD Muhammadiyah Gantong, yang reot serta hendak ditutup. Nmun kesimpulannya mereka mengalami 10 anak yang mendaftar ke sekolah ini. Sekolah ini jadi kembali dibuka dengan 2 orang guru serta 1 kepala sekolah. Cerita Laskar Pelangi juga diambil dari cerita individu Andrea Hirata sendiri pada dikala dia bersekolah. Menggambarkan tentang keluguan kanak- kanak pada masa itu. Perjuangan serta persahabatan pastinya. Dalam novelnya Andrea Hirata sangat pandai menyisipkan komedi yang cocok buat cerita ini.

Museum Kata

Diawali dari kesuksesannya dari karya sastra serta film Laskar Pelangi. Andrea Hirata juga membuat Museum Kata di kampung tamannya sendiri pada tahun 2010. Museum yang berisikan bermacam literature dari bermacam berbagai jenisnya. Mulai dari literature anak, literature film, literature seni, literature musik serta masih banyak lagi. Terdapat banyak perkata mutiara yang inspiratif bertebaran di tembok- tembok museum ini. Museum yang penuh corak ini menjadikannya sangat unik. Pintu masuk serta pintu lain dari rumah yang di cat warna- warni bagai pelangi.

Di dalam Museum Kata pula ada dokumetasi dari film Laskar Pelangi

Bermacam gambar adengan dari film Laskar Pelangi. Setelah itu terdapat ruangan yang diberi nama dari para tokoh Laskar Pelangi. Ruang Lintang yang berisi potret- potret serta barisan kata dari novel Laskar Pelangi. Terus terdapat pula ruang Ikal serta Mahar.

Ruang mahar merupakan yang Sangat unik. Mahar merupakan wujud bocah yang mengemari seni, dari seni foto serta bernyanyi. Banyak pajangan gambar- gambar Mahar yang unik di ruang ini. Di dalam museum ini ada banyak perkata insipiratif yang dapat kita amati serta membuka ruang benak kita jadi lebih kreatif. Museum ini pula terdapat Novel yang kita dapat baca dari para penulis sastra populer di segala dunia. Banyak pula pajangan menarik serta benda benda antik di museum ini. Konsep yang penuh corak inspirasi Museum Kata menjadikan Belitung bagaikan tempat wisata yang menarik. Andrea pula menggunakan para pekerja lokal buat mengoperasikan museum ini.

Warung Kupi Kuli

tempat yang sediakan santapan ringan lokal serta kopi yang khas. Andrea sendiri berani menjamin kalau kopi ini terdapat lah kopi terenak di dunia. Museum Kata jadi museum literature awal di Indonesia. Bangunan yang dia gunakan merupakan rumah yang telah berumur 200 tahun. Tidak hanya potongan cerita Laskar Pelangi yang di tulis oleh Andrea Hirata. Disini pula banyak perkata ajaib yang membuat kita lebih semangat mengejar cita- cita kita.

Bermimpilah, sebab Tuhan hendak memeluk mimpi- mimpimu



Masuk ke Museum Kata Andrea Hirata dikenakan bayaran masuk sebesar Rp. 50. 000. Kita hendak memperoleh novel karya Andrea Hirata ataupun CD lagu dari OST Laskar Pelangi.

Sehabis puas menegelilingi gelanggang kalimat di Museum Kata. Kita dapat berbelanja souvenir di mari.

Posisi Museum Kata

Jalur Raya Laskar Pelangi Nomor. 7, Gantong, Belitung Timur

No comments:

Post a Comment