Kesempatan ini saya akan mengulas tentang langkah untuk
lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api. Meskipun proses nya
tidak segampang kita pesan ticket baru, tetapi tidak ada kelirunya tahu dahulu
langkah serta syarat-syaratnya supaya saat satu waktu kita perlu untuk lakukan
reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api karena itu kita dapat
mengerjakannya lebih gampang.
Untuk sekarang (sampai tulisan ini dibikin) PT. KAI membuat
suatu ketentuan yang cukup “merepotkan”, sebab proses reschedule atau
pergantian agenda ticket kereta api TIDAK BISA dikerjakan dengan online.
Berarti bila kita ingin lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket kereta
kita diwajibkan hadir langsung ke stasiun kereta api paling dekat yang berada
di kota.
Ada banyak hal yang perlu disiapkan (dibawa) waktu kita
ingin lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api. Salah satunya
ialah :
1. Bawa foto copy kartu jati diri penumpang, jati diri yang
dibawa harus sesuai jati diri yang dipakai waktu pesan ticket.
2. Bawa kode booking bila memesang ticket dengan online, atau
boarding pass bila beli ticket langsung di loket atau ticket telah di bikin.
Dalam masalah penumpang tidak bisa mengerjakannya sendiri
sebab suatu hal serta lain perihal karena itu bisa diwakili dengan ketentuan
perwakilan yang lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket harus bawa jati
diri penumpang yang ASLI dan fotokopinya.
Sesudah semua kriteria barusan komplet, karena itu langkah
setelah itu hal yang paling “kurang meng-asyikan” yakni kita harus hadir ke
stasiun paling dekat di kota kita. Di stasiun kita dapat ke arah loket 3 atau
loket 4 supaya dibantu untuk proses reschedule atau mengubah agenda ticket
kereta kita. Ada banyak hal-hal lain yang perlu dilihat:
Proses reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api
harus dikerjakan paling lambat 1 JAM SEBELUM KEBERANGKATAN KERETA serta
sepanjang bangku masih ADA/TERSEDIA.
Jika biaya kereta api alternatif/arah tambah mahal karena
itu penumpang harus membayar selisihnya. TAPI bila biaya kereta api
alternatif/arah tambah murah karena itu TIDAK akan ada pengembalian dana.
Proses ini dipakai ongkos sebesar 25% dari harga ticket awal
kita.
Reschedule atau mengubah agenda ticket TIDAK HARUS
dikerjakan di stasiun keberangkatan. Jadi contoh saya akan pergi lewat stasiun
Bandung, tetapi saya lakukan reschedule di stasiun Sukabumi, ini dapat
dikerjakan. Tetapi bila yang berada di seputar kita bukan stasiun penting
sebaiknya konfirmasi dulu lewat telp ke 123.
Demikian sedikit share tentang langkah reschedule atau
mengubah ticket kereta api. Mudah-mudahan sukses serta selamat tiba di tujuan.
Terima kasih.
Bacaan lainnya :
No comments:
Post a Comment