Monday, December 2, 2019

Cara Reschedule Tiket Kereta Api dengan Mudah


Kesempatan ini saya akan mengulas tentang langkah untuk lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api. Meskipun proses nya tidak segampang kita pesan ticket baru, tetapi tidak ada kelirunya tahu dahulu langkah serta syarat-syaratnya supaya saat satu waktu kita perlu untuk lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api karena itu kita dapat mengerjakannya lebih gampang.


Untuk sekarang (sampai tulisan ini dibikin) PT. KAI membuat suatu ketentuan yang cukup “merepotkan”, sebab proses reschedule atau pergantian agenda ticket kereta api TIDAK BISA dikerjakan dengan online. Berarti bila kita ingin lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket kereta kita diwajibkan hadir langsung ke stasiun kereta api paling dekat yang berada di kota.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan (dibawa) waktu kita ingin lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api. Salah satunya ialah :

1. Bawa foto copy kartu jati diri penumpang, jati diri yang dibawa harus sesuai jati diri yang dipakai waktu pesan ticket.
2. Bawa kode booking bila memesang ticket dengan online, atau boarding pass bila beli ticket langsung di loket atau ticket telah di bikin.


Dalam masalah penumpang tidak bisa mengerjakannya sendiri sebab suatu hal serta lain perihal karena itu bisa diwakili dengan ketentuan perwakilan yang lakukan reschedule atau mengubah agenda ticket harus bawa jati diri penumpang yang ASLI dan fotokopinya.

Sesudah semua kriteria barusan komplet, karena itu langkah setelah itu hal yang paling “kurang meng-asyikan” yakni kita harus hadir ke stasiun paling dekat di kota kita. Di stasiun kita dapat ke arah loket 3 atau loket 4 supaya dibantu untuk proses reschedule atau mengubah agenda ticket kereta kita. Ada banyak hal-hal lain yang perlu dilihat:

Proses reschedule atau mengubah agenda ticket kereta api harus dikerjakan paling lambat 1 JAM SEBELUM KEBERANGKATAN KERETA serta sepanjang bangku masih ADA/TERSEDIA.

Jika biaya kereta api alternatif/arah tambah mahal karena itu penumpang harus membayar selisihnya. TAPI bila biaya kereta api alternatif/arah tambah murah karena itu TIDAK akan ada pengembalian dana.

Proses ini dipakai ongkos sebesar 25% dari harga ticket awal kita.
Reschedule atau mengubah agenda ticket TIDAK HARUS dikerjakan di stasiun keberangkatan. Jadi contoh saya akan pergi lewat stasiun Bandung, tetapi saya lakukan reschedule di stasiun Sukabumi, ini dapat dikerjakan. Tetapi bila yang berada di seputar kita bukan stasiun penting sebaiknya konfirmasi dulu lewat telp ke 123.

Demikian sedikit share tentang langkah reschedule atau mengubah ticket kereta api. Mudah-mudahan sukses serta selamat tiba di tujuan.

Terima kasih.

Bacaan lainnya :


No comments:

Post a Comment