Monday, November 18, 2019

Alasan Kamu Harus Cobain Wisata Sejarah ke Keraton Yogyakarta


Baru pertama kali jalan-jalan ke kota Yogyakarta? Ada satu destinasi wisata yang nggak boleh kamu lewatkan nih, yakni wisata sejarah ke keraton Yogyakarta. Datang kesini kamu bisa melihat dan belajar sejarah kota Jogja lebih dekat.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Kraton Yogyakarta adalah istana resmi kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Di kompleks keraton kamu bisa berkunjung untuk melihat berbagai benda peninggalan kesultanan dari jaman dahulu dan melihat lebih dekat aktifitas yang berkaitan dengan budaya tradisional Yogyakarta secara langsung.



Lokasi Keraton Yogyakarta


Tidak sulit kok mengakses keraton karena lokasinya yang cukup strategis, terletak di pusat kota. Dari stasiun kereta api tugu, atau jalan malioboro kamu cukup berjalan kaki untuk menuju kesini. Dari arah Stasiun Tugu, kamu tinggal berjalan ke arah selatan hingga melewati jalan Malioboro.

Begitu sampai di area Alun-Alun Utara, kamu tinggal berjalan lagi ke arah selatan dan nggak jauh dari situ sudah akan terlihat gerbang komplek Kraton Yogyakarta.

Source : cnnindonesia.com
Alamat lengkapnya adalah di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk


Keraton Yogyakarta dibuka untuk umum setiap hari, weekdays ataupun weekend dari jam 08.00 pagi sampai jam 14.00 siang. Khusus untuk hari Jumat, keraton hanya buka hingga pukul 12.00 siang saja. Pastikan kamu berkunjung di waktu yang tepat ya.

Harga tiket masuk kompleks keraton ini adalah Rp 7.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 12.500 untuk wisatawan mancanegara. Murah banget kan? Saat masuk ke area kraton kamu dapat mengunjungi masjid di area depan pintu masuk, tersedia pula tempat parkir kendaraan yang cukup luas dan ada beberapa penjual makanan dan minuman jika kebetulan kita sedang lapar. Selain itu ada banyak juga yang menjual oleh oleh atau souvenir di sekitar area Kraton Yogyakarta.



Belajar Sejarah Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat


Penasaran dengan kehidupan kerajaan atau sultan yang memimpin Yogyakarta dari zaman dahulu hingga kini? Di keraton banyak sekali disimpan benda-benda bersejarah milik sultan sultan terdahulu yang bisa kamu lihat. Di sini kita bisa belajar banyak mengenai tradisi-tradisi kesultanan lewat koleksi benda pusaka khas kesultanan. Dari mulai lukisan, alat musik khas Jawa, perlengkapan perang, benda pribadi raja hingga kereta kencana yang dulu digunakan para raja lengkap dipajang di beberapa bangunan di kompleks keraton.


Source : tribunnews.com
Hampir seluruh sudut kompleks keraton bergaya khas jawa tempo dulu sehingga wajib banget untuk diabadikan lewat lensa kamera. Biasanya jika membawa kamera profesional kamu akan dikenai biaya khusus untuk pengambilan gambar, tapi nggak mahal kok harganya sekitar harga tiket masuk.

Oh iya, kamu juga perlu tahu kalau hingga saat ini Keraton Yogyakarta masih dijadikan tempat tinggal Sri Sultan Hamengku Buwono X dan keluarganya lho. Dan biasanya kita juga bisa melihat kehidupan para abdi dalem yang sering hilir mudik di sekitar area kompleks keraton. Seru banget kan?

Menikmati penampilan pagelaran seni di keraton

Tidak hanya melihat-lihat benda bersejarah, kita juga bisa lebih dekat menyaksikan berbagai pagelaran seni khas kerajaan. Biasanya pagelaran seni disajikan setiap harinya mulai pukul 09.30 pagi. Jadwal penampilan pagelaran seni setiap harinya berbeda-beda seperti berikut ini :

Source : yogyes.com
Senin : penampilan musik gamelan
Selasa : penampilan musik gamelan dan lomba panahan
Rabu : wayang golek menak
Kamis : pertunjukan tari
Jumat : Macapat
Sabtu : wayang kulit
Minggu : wayang orang dan pertunjukan tari

Nah, itu tadi rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan di Keraton Yogyakarta. Semoga artikelnya membantu ya!

No comments:

Post a Comment